Vinales Keluhkan Performa Suzuki Saat Balapan Di Lintasan Basah

SEPANG, KOMPAS.com – Pebalap Suzuki Ecstar, Maverick Vinales, mengaku frustrasi setelah menjalani balapan GP Malaysia di Sirkuit Sepang, Minggu (30/10/2016).

Maverick menyebut motornya tidak punya kecepatan yang dibutuhkan saat bersaing di lintasan basah dan hal ini sudah terjadi pada beberapa balapan.

“Kami jelas kecewa karena di lintasan kering seperti saat balapan di Sirkuit Silverstone (GP Inggris) kami bisa memacu hingga maksimal,” kata Vinales setelah balapan, yang dilansir Motorsport.com.

Vinales meraih kemenangan pertamanya sejak naik ke MotoGP di Sirkuit Silverstone, awal September. Dia merupakan salah satu pesaing kuat untuk naik podium pada balapan di lintasan kering.

Vinales meraih hasil memuaskan dan mencatat putaran tercepat pada sesi pemanasan GP Malaysia yang berlangsung di lintasan kering, Minggu pagi. Namun, saat balapan di lintasan basah, masalah Suzuki muncul lagi.

“Kontrol traksi sangat lambat dan saya tidak mungkin untuk membuka gas. Saat memasuki tikungan, kami cukup kompetitif. Namun, saat membuka gas, itu jadi bencana,” kata Vinales.

Vinales menyelesaikan balapan di Malaysia dengan finis di urutan keenam, di belakang dua pebalap Avintai Racing, Hector Barbera dan Loris Baz.

 

P6 on the race, we keep improving on the rain. P6 en carrera, vamos mejorando en agua. #25gang #MV25

A photo posted by Maverick Viñales (@maverickvinales25) on Oct 30, 2016 at 5:33am PDT

“Berada di belakang Barbera dan Baz, saya bisa memangkas jarak saat menikung. Namun, saat melakukan akselerasi, tidak mungkin (untuk tetap dekat). Saya mengambil risiko mengalami highside sapanjang balapan,” ujar juara dunia Moto3 2014 tersebut.

Balapan 19 putaran tersebut akhirnya dimenangi Andrea Dovizoso (Ducati Team). Dua pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, menyusul finis di urutan kedua dan ketiga.

“Tentu saja saya tidak senang karena saya datang ke sini untuk menang, dan kami membuktikan bahwa di lintasan kering kami sangat cepat. Namun, saya senang bisa finis di urutan ke-6 karena bisa saja hasilnya lebih buruk,” ucap pebalap 21 tahun tersebut.

Vinales saat ini berada di urutan ke-4 klasemen sementara pebalap dengan 191 angka. Dia berpeluang menambah poin saat turun pada seri terakhir di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, 11-13 November.

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2016/11/01/15000391/vinales.keluhkan.performa.suzuki.saat.balapan.di.lintasan.basah

Leave a Reply