Tren "Mannequin Challenge" Mendunia Dan Lintas Kalangan

KOMPAS.com – Baru beberapa saat lalu video Pine-Pineapple-Apple-Pie (PPAP) menghebohkan jagat maya, kini tren penggantinya sudah muncul. Disebut Mannequin Challenge, tren tersebut membuat netizen berbondong-bondong mengunggah video bak patung manekin.

Tren ini mewabah di semua kalangan, mulai dari politikus, artis, pemain bola, hingga masyarakat pada umumnya. Konsep Mannequin Challenge sendiri terbilang sederhana, Anda cukup mengajak teman-teman mematung dengan pose bebas selama lebih kurang 30 detik hingga satu menit.

Lagu yang paling sering dipakai mengiringi Mannequin Challenge adalah Black Beatles yang dinyanyikan Rae Sremmurd. Namun, banyak juga netizen yang memilih menggunakan lagu lain.

Baca: Tips Membuat Video Viral oleh YouTuber Indonesia

Biasanya pose mematung itu menggambarkan kegiatan tertentu. Misalnya pemain bola Christiano Ronaldo yang melakukan Mannequin Challenge bersama tim Portugal di sebuah ruang ganti.

Maka pose orang-orang di dalamnya ada yang sedang meluruskan kaki, mengambil pakaian ganti, melepas sepatu, menelepon, dan lainnya. Ronaldo sendiri hanya berdiri dengan mengenakan celana dalam putih. Ekspresinya tampak seperti ingin memanggil orang.

 
Beda halnya dengan kandidat Presiden AS pada Pemilu 2016 dari Partai Demokrat, Hillary Clinton. Ia sempat melakukan Mannequin Challenge bersama tim kampanyenya di sebuah pesawat.

Ada yang tampak menyunting kegiatan kampanye itu, menjepret Hillary, mengobrol, melakukan high five, dan lainnya.

Di Instagram, tagar #mannequinchallenge tersebar di lebih dari 900.000 postingan, sebagaimana dipantau KompasTekno, Selasa (22/11/2016).

Di Indonesia sendiri, tagar #mannequinchallengeindonesia sudah disesaki lebih dari 5.000 postingan. Itu belum ditambah tagar-tagar lainnya seperti #mannequinchallengeid, #mannequinchallengeindo, dan #mannequinchallengeidn

Jika ingin mencari inspirasi membuat video Mannequin Challenge yang lebih lengkap, YouTube menghimpun sekitar 1,2 jutaan video dengan embel-embel kata kunci tersebut.

Ketenaran Mannequin Challenge menambah daftar panjang tren media sosial yang mendunia. Sebelumnya sudah ada tren Planking, Gangnam Style, Harlem Shake, Ice Bucket Challenge, Watch Me Whip/Nae Nae, Dab Dance, dan PPAP.

Baca: Apa Itu Pen Pineapple Apple Pen yang Ramai di Medsos?

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/11/22/07090617/tren.mannequin.challenge.mendunia.dan.lintas.kalangan

Leave a Reply