Transformasi Setir Mobil Balap Formula 1 (Video)

Washington, KompasOtomotif – Olahraga balap Formula 1 sudah mengalami beragam perubahan sejak pertama kali lahir di 1950-an. Namun, evolusi yang terjadi tentunya merujuk pada perkembangan teknologi dan kemajuan zaman.

Salah satu perubahan yang kasat mata adalah desain lingkar kemudi mobil, di mana dimulai dengan model klasik berbentuk bulat berbahan kayu, hingga seperti stick pada video game. Walaupun menuai peredebatan pada transisinya, tapi semua akhirnya mencetuskan inovasi-inovasi yang canggih.

Dari video berdurasi 3 menit 17 detik milik Donut Media, terangkum  deretan jenis kemudi yang digunakan pada awal kompertisi hingga era modern ini. Beberapa keterangan dan nama pebalap yang pernh menggunakan kemudi itu juga dicantumkan, menarik untuk menambah wawasan mengenai Formula 1.

Mengutip Autoblog, Sabtu (26/11/2016) dari tahun 1950 sampai1980, kemudi mobil tidak banyak perubahan. Baru kemudian dari awal 1980-an desain setir mulai berubah seperti digunakan saat ini, pada akhir 1980-an.

Saat itu, tombol-tombol pengatur mobil juga mulai disematkan di setir, tapi memang belum serumit dan sebanyak saat ini. Seperti salah satunya setir mobil Mercedes-Benz milik Manor Racing yang digunakan oleh Rio Haryanto, yang memiliki 18 tombol utama pada permukaan kemudinya.

Baca juga : Mau Jadi Pebalap F1? Hafalkan 18 Tombol di Kemudi Ini

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/27/110100215/transformasi.setir.mobil.balap.formula.1.video.

Leave a Reply