Tatap Langsung Mobil Hidrogen Honda Di Jepang

Suzuka, KompasOtomotif –  Teknologi masa depan otomotif sudah disiapkan dari sekarang dan Jepang adalah negara yang sangat maju soal ini. Satu contoh konsep yang sudah jadi nyata yaitu mobil berbahan bakar hidrogen, KompasOtomotif beruntung bisa menemukan wujudnya ketika mengunjungi Suzuka di prefektur Mie, Jepang, Kamis (20/10/2016).

Mobil itu Honda Clarity, ditemukan sedang parkir di salah satu pusat safety driving Honda di Suzuka Circuit Training Education Center di kawasan Sirkuit Suzuka. Unit ini tampil memang untuk dipamerkan, namun kesehariannya digunakan sebagai riset keselamatan berkendara.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian belakang Honda Clarity.

Bahkan di Jepang sendiri, Clarity sangat sulit sekali ditemukan. Yoichi Harada, General Manager Driving Safety Promotion Center Honda Motor Co., Ltd yang berada di lokasi menjelaskan saat ini Clarity disewakan dan dijual untuk pasar fleet.

“Harganya 7,6 juta yen (Rp 952,6 juta),” ucap Harada san.

Versi produksi Clarity pertama kali muncul di Tokyo Motor Show 2015. Mobil yang hanya menghasilkan emisi berupa air ini juga pernah tampil di Gaikindo Indonesia International Auto Show pada Agustus lalu. Penampilan di hadapan publik Indonesia menjadi yang pertama di kawasan Asia dan Oceania.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bagian krom pada wajah menyerupai sayap.

Clarity dirancang oleh pusat riset dan pengembangan Honda di Jepang. Desainnya lebih terlihat menawan ketika bertemu langsung.

Dari tampak depan bagian krom yang melintang dari lampu kiri, melewati bagian bawah gril, hingga ke lampu kanan, menyerupai sayap. LED di setiap sisi wajah melengkapi penampilan khas Jepang.

Febri Ardani/KompasOtomotif Honda Clarity ditemukan sedang parkir di sirkuit Suzuka, Jepang. Bahkan di Jepang sekalipun, Clarity sukar ditemui di jalan umum.

Dari sisi Clarity bisa tampak seperti sedan biasa, hanya saja bagian fender belakang yang menutupi sebagian ban membuatnya terlihat unik. Di kabin sebagian besar fungsi mobil diatur tombol, termasuk transmisi, sistem hiburan, konektivitas ponsel, dan banyak fitur keselamatan. Bentuk kemudinya mirip sedan Honda yang lain.

Febri Ardani/KompasOtomotif Interior Honda Clarity

Clarity hanya minum hidrogen yang ditampung di tangki khusus bertekanan tinggi. Proses pengisian hingga tangki penuh hanya tiga menit. Fuel cell bertugas memproses hidrogen hingga menghasilkan listrik. Tenaga listrik digunakan untuk menggerakan roda.

Febri Ardani/KompasOtomotif Sistem fuel cell dan generator listrik Honda Clarity ditempatkan di bagian depan. Insinyur Honda merancangnya berukuran seperti mesin V6 3.5L.

Besar tenaga listrik yang dihasilkan mencapai 130 kW. Dalam satu tangki terisi penuh hidrogen, Calrity bisa menempuh jarak 700 km.

Ukuran fuel cell lebih kecil 33 persen ketimbang model pendahulunya, insinyur Honda bisa merangkai semua sistem penggerak seperti mesin V6 3.5L jadi semuanya bisa masuk di bawah kap mesin. Hal ini menguntungkan karena berarti kabin bisa semakin nyaman. 

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/10/24/113100015/tatap.langsung.mobil.hidrogen.honda.di.jepang

Leave a Reply