Start Dari Posisi Ke-5, Sean Gelael Dkk Optimistis Raih Podium

SAKHIR, KOMPAS.com – Pebalap muda Indonesia, Muhammad Sean Gelael, akan memulai seri ke-9 balapan ketahanan FIA World Endurance Championship (WEC) di Sirkuit Internasional Bahrain, Sabtu (19/11/2016), dari posisi start kelima.

Sean bertandem dengan Tom Dillmann (Perancis) dan Giedo Van der Garde (Belanda). Mereka membela tim Extreme Speed Motosport yang didukung penuh Jagonya Ayam KFC Indonesia.

Pada sesi kualifikasi yang berlangsung Jumat (18/11/2016), Sean dkk mencatat waktu putaran tercepat kelima dengan 1 menit 50,685 detik. Mereka memacu mobil Ligier JS O2 Nissan untuk kategori LMP2.

“Kami selalu berada di posisi kelima sejak latihan pertama, kedua, ketiga, hingga kualifikasi. Akan tetapi, banyak faktor dalam balapan dan mudah-mudahan kami mampu mengambil keuntungan untuk bisa finis dan berdiri di podium,” kata Sean.

Hal yang sama diungkapkan Van der Garde. Mantan pebalap F1 di tim Caterham ini mengatakan bahwa tim sudah bekerja keras sejak tiba di Bahrain.

Hasil kualifikasi di posisi kelima memang belum memuaskan. Meski begitu, kesempatan untuk menyodok ke posisi depan masih terbuka lebar dalam balapan selama enam jam.

“Sepanjang hari kami bekerja keras. Air minum dan bensin menjadi sahabat kami. Mudah-mudahan, kami juga akan minum sampanye di podium,” ujar Van der Garde.

Balapan akhir pekan ini merupakan kali ketiga Sean ikut WEC 2016. Dia juga turun pada dua seri sebelumnya di Sirkuit Fuji Speedway (Jepang) dan di Sirkuit Shanghai (China).

Pada seri ke-7 di Sirkuit Fuji Speedway, Sean yang berkolaborasi dengan Antonio Giovinazzi (Italia) dan Van der Garde memulai balapan dari posisi ketiga dan finis di urutan keempat.

Sementara itu di Shanghai, Sean yang berpasangan dengan Giovinazzi dan Tom Blomqvist (Inggris) memulai balapan dari posisi start ketiga dan finis di urutan kedua.

Balapan seri ke-9 atau terakhir di Bahrain ini akan berlangsung Sabtu (19/11/2016) selama enam jam pada pukul 16.00-22.00 waktu setempat (20.00-Minggu 02.00 WIB).

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2016/11/19/16522821/start.dari.posisi.ke-5.sean.gelael.dkk.optimistis.raih.podium

Leave a Reply