Review: Xiaomi Redmi Note 3, Ponsel Rp 2 Juta-an Tanpa 4G

KOMPAS.com – Xiaomi Redmi Note 3 dirilis di Indonesia dengan banderol Rp 2 juta-an. Meski relatif murah, ponsel ini ternyata tidak terlihat murahan dan memiliki kinerja cukup baik.

Kesan mewah muncul karena bodi Redmi Note 3 ini terbuat dari logam. Ada juga alat pemindai sidik jari yang biasanya merupakan fitur untuk ponsel di kelas yang lebih tinggi.

Kelemahan yang disayangkan adalah konektivitas Redmi Note 3 masih mengandalkan jaringan 3G, bukan 4G yang jauh lebih kencang dan sudah tersedia di banyak lokasi di Tanah Air.

Selain itu, kehadirannya di Indonesia cenderung terlambat. Redmi Note 3 sudah dirilis di seluruh dunia sejak awal tahun 2016, namun baru mulai masuk di Indonesia pada pertengahan tahun. Itu pun, dengan penurunan spesifikasi jaringan, seperti disebutkan di atas.

KompasTekno menjajal Redmi Note 3 ini selama sekitar sepekan. Kinerjanya memang cuma bisa dibilang lumayan, tanpa ditemukan keluhan yang mengganggu. Namun di sisi lain, tak banyak hal yang bisa ditonjolkan.

Desain

Dari sisi desain, pengguna agaknya tidak akan kecewa. Bodi Redmi Note 3 dibuat menggunakan logam sehingga memberikan kesan kokoh dan mewah. Apalagi jika memilih warna gold, seperti yang diperoleh KompasTekno ini. Namun selain itu, ada juga pilihan warna lain, yaitu grey dan silver.

Redmi Note 3 dibekali layar IPS 5,5 inci dengan resolusi Full HD (1.920 x 1.080 piksel, 403 ppi). Ukuran yang cukup besar ini membuatnya nyaman dipakai menonton film, atau sekadar bermain game.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Di tepi kiri Redmi Note 3 terdapat tombol pengaturan volume serta on/off

Redmi Note 3 tak memiliki banyak tombol fisik. Hanya ada tombol volume dan daya saja di tepi kiri. Sedangkan untuk navigasi, di bawah layar disediakan tombol soft button  back, home dan menu.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Pada tepi kanan Redmi Note 3 terdapat slot kartu SIM hybrid, bisa dipakai untuk memasang dua kartu atau satu kartu dan satu MicroSD

Di tepi kanan ponsel sama sekali tak ada tombol. Tapi ada sebuah slot hybrid untuk memasang dua kartu SIM ukuran micro atau satu kartu SIM dan satu memori microSD. Sementara itu di tepi atas terdapat sebuah port audio 3,5 mm, dan tepi bawah terdapat sebuah port USB.

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Hanya ada port micro USB saja di bagian bawah Redmi Note 3

Yoga Hastyadi Widiartanto/Kompas.com Di bagian atas Redmi Note 3 terdapat sebuah port audio 3,5 mm

Beralih ke bagian belakang, pengguna akan menemukan kamera utama yang memiliki resolusi 16 megapiksel. Di bagian bawah lensa kamera, berturut-turut terdapat dual tone LED Flash, sebuah sensor pemindai sidik jari dan grill speaker.

Fingerprint scanner ini bisa membaca sidik jari yang terekam dengan akurat. Posisinya yang di belakang pun memudahkan pengguna untuk memakainya, cukup dengan menempelkan jari telunjuk saja.

Namun sayangnya, bodi logam Redmi Note 3 cenderung licin. Apalagi saat tanggan pengguna dalam kondisi berkeringat atau basah. KompasTekno menyarankan agar pengguna ponsel ini memasang casing yang bertekstur kesat sehingga pegangan terasa lebih mantap.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/11/19/20170047/review.xiaomi.redmi.note.3.ponsel.rp.2.juta-an.tanpa.4g

Leave a Reply