Pesan Kamar Hotel Pada Menit Terakhir, Untung Atau Rugi?

JAKARTA, KOMPAS.com — Memesan akomodasi pada menit-menit terakhir ternyata dilakukan oleh banyak masyarakat Indonesia. Deputi CEO Pegipegi.com Ryan Kartawidjaja mengatakan bahwa 50 persen pemesanan dilakukan satu hari sebelum atau bahkan pada hari-H.

“Masyarakat Indonesia ini adalah tipe last minute. Banyak juga yang booking tanpa kode promo, padahal sudah diberi promo. Entah kurang notice atau sebab yang lain,” kata Ryan saat ditemui pada acara jumpa pers Pegipegi di Kaffeine, Jakarta, Rabu (23/11/2016). 

Menurut Ryan, memesan akomodasi pada menit-menit terakhir sebenarnya memiliki kelemahan.

“Bukan cuma dari segi harga, tapi juga dari inventory (ketersediaan akomodasi). Kami mendorong orang-orang untuk memesan akomodasi sebelumnya, jauh-jauh hari,” kata Ryan.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Memesan Kamar Hotel? Ini Triknya…

Satu minggu sebelum, menurut dia, adalah waktu minimal untuk memesan penginapan. Dibanding memesan hotel, masyarakat Indonesia lebih gerak cepat memesan transportasi. Dari data internal Pegipegi pula, Ryan membeberkan bahwa pada November, 25 persen pemesanan untuk akhir tahun dilakukan untuk tiket kereta, 15 persen untuk tiket pesawat, dan 12 persen untuk pemesanan hotel.

Pegipegi sendiri menargetkan kenaikan pemesanan untuk liburan akhir tahun 2016 sebanyak tiga kali lipat dari pemesanan bulan Desember tahun 2015. Hal ini dilakukan dengan cara meluncurkan Promo Kado, yakni diskon hingga 50 persen untuk pemesanan hotel, pesawat, maupun kereta api.

“Ada tujuh skema, tapi belum bisa dibocorkan. Cek langsung di pegipegi bulan Desember nanti,” kata Ryan.

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/23/181000727/pesan.kamar.hotel.pada.menit.terakhir.untung.atau.rugi.

Leave a Reply