Layar IPhone 8 Bakal Melengkung Dan Tanpa Bingkai?

KOMPAS.com – Bentuk fisik iPhone relatif tak berubah sejak iPhone 6 yang muncul tiga tahun lalu hingga iPhone 7 terkini. Tahun depan, Apple diprediksi bakal menerapkan desain baru pada iPhone 8.

Tepatnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari MacRumors, Minggu (13/11/2016), duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus disinyalir akan memiliki layar “tanpa bingkai” (bezel-less) dan melengkung di sisi-sisinya.

Prediksi itu diungkapkan oleh analis Barclays Research Blayne Curtis, Christopher Hemmelgarn, Thomas O’Malley, dan Jerry Zhang.

Ukuran layar dua iPhone masa depan ini diduga akan ikut meningkat. “Layar iPhone 8 menjadi 5 inci (dari sebelumnya 4,7 inci, sementara iPhone 8 Plus menjadi 5,8 inci (dari sebelumnya 5,5 inci),” sebut para analis tersebut dalam nota risetnya, mengutip sumber dari pemasok komponen Apple di Asia.

Disebutkan pula bahwa Apple bakal menggunakan teknologi layar OLED di varian iPhone 8 Plus (dengan layar 5,8 inci), sementara iPhone 8 “reguler” tetap memakai layar LCD.

Dibandingkan layar LCD konvensional, panel display OLED menawarkan tingkat ketajaman dan kecerahan yang lebih tinggi, tapi konsumsi dayanya lebih rendah. Layar OLED iPhone diduga bakal dibuat oleh Samsung dan LG, juga Sharp yang dimiliki oleh Foxconn.

Perkiraan di atas sesuai dengan prediksi Ming-Chi Kuo sebelumnya, sang analis KGI Securities yang dikenal seringkali “meramal” produk Apple dengan akurat.

Apple sendiri telah lama disebut-sebut bakal menerapkan desain bezel-less pada duo iPhone 8 tahun depan. Rancangan “layar tanpa bingkai” ini belakangan dipopulerkan kembali oleh Xiaomi lewat smartphone Mi Mix, setelah sempat muncul di produk Sharp Aquos Crystal.

Sumber:

http://tekno.kompas.com/read/2016/11/13/17210027/layar.iphone.8.bakal.melengkung.dan.tanpa.bingkai.

Leave a Reply