Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018, Indonesia Targetkan 20 Emas

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia memasang target meraih 20 Medali emas dalam Asian Games 2018 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi seusai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo dan menteri terkait lainnya saat pembahasan Asian Games 2018, di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (24/10/2016). 

Target tinggi dipasang karena Indonesia akan menjadi tuan rumah dalam ajang kompetisi olahraga yang digelar 4 tahun sekali itu. Asian Games 2018 akan dilangsungkan di Jakarta dan Palembang.

“Kalau di Incheon 2014 kemarin kita hanya mendapatkan empat medali emas, kita harapkan di Asian Games 2018 kita bisa memperoleh setidaknya 20 medali emas,” kata Menpora.

Selain itu, lanjut Menpora, Indonesia juga memasang target ranking 8 besar dari seluruh negara-negara di Asia yang berkompetisi.

Untuk meraih target tersebut, Menpora mengaku sudah menyiapkan pemusatan latihan yang lebih sistematis, terukur, terstruktur, terencana dengan pendekatan science di Kawasan Cibubur.

“Jadi kawasan Cibubur itu yang akan kita jadikan sebagai olympic center, ada asrama atlet, ada dining hall, ada tempat-tempat  untuk pelatihan, bahkan juga ada kawasan sport medis dan sport science sehingga perkembangan atlet setiap saat bisa dipantau,” ucap Imam.

Selain itu, pemerintah juga akan mulai berfokus pada cabang olahraga unggulan yang berpeluang besar mendapatkan medali emas. Cabang olahraga yang diunggulkan di antaranya adalah bulutangkis, angkat besi, rowing, judo, karate, tinju, atletik, dan sepeda.

Sumber:

http://olahraga.kompas.com/read/2016/10/25/01252321/jadi.tuan.rumah.asian.games.2018.indonesia.targetkan.20.emas

Leave a Reply