Ini Hasil Angka Uji Irit Pertalite

Jakarta, KompasOtomotif – Tantangan buat komunitas mengalahkan rekor irit di acara kerja sama antara Pertamina dengan Tabloid Otomotif, sebagai bagian dari Grup Of Magazine Kompas Gramedia telah usai, Sabtu (19/11/2016). Kesimpulannya, bahan bakar minyak (BBM) Pertalite bisa bikin motor lebih irit walau tidak selalu begitu.

Sepekan sebelum acara ini digelar, tim Otomotif sudah mencari lebih dulu seberapa irit Honda BeAT, Honda Supra X135 FI, Yamaha NMAX, dan Yamaha V-Ixion, menggunakan Pertalite. Rute yang digunakan sejauh sekitar 30 km di Jakarta. 

Rekor Otomotif

Premium

Pertalite

Honda BeAT

62,3 kpl

68,08 kpl

Honda Supra 125 FI

65,1 kpl

71,9 kpl

Yamaha NMAX

48,6 kpl

51,6 kpl

Yamaha V-Ixion

60,07 kpl

64,7 kpl

Komunitas yang ditantang yakni empat orang perwakilan dari Honda Beat Injeksi ‎Jakarta (HBIJ), Club Honda Supra Depok (CHSD), Jakarta Max Owners (JMO), dan Yamaha Music Vixion Club (YMVC). Mereka memakai jalur pengetesan yang sama dengan tim Otomotif, tetapi menggunakan motornya masing-masing.

Febri Ardani/KompasOtomotif Bahan bakar minyak baru dari Pertamina, Pertalite.

Hasil terbaik dari komunitas, Ezha HBIJ (Honda BeAT) 72,92 kpl, Agung CHSD (Honda Supra X125 FI): 77,14 kpl, Sunasi JMO (Yamaha NMAX) 50,00 kpl, dan Jahuri JMVC (Yamaha V-Ixion) 55,00 kpl. Dua komunitas dari kubu Honda bisa mendapat tingkat efisiensi lebih baik dari tim Otomotif.

Sunasi JMO
“Rute yang dilalui cukup lancar ya, jadi kecepatan motor pun bisa dipacu sampai 50-60 km/jam. Kalau untuk bahan bakar Pertalite, karena saya baru pertama kali menggunakan, jadinya belum tahu performanya secara keseluruhan. Tapi bahan bakar ini cukup irit kok. Buktinya saya bisa melaju lebih jauh.”

CHSD Agung
“Saya senang bisa menjadi yang paling irit di antara teman teman CHSD. Apalagi, Pertalite juga memberikan performa cukup baik pada tunggangan saya. Kalau ingin kendaraan irit itu gampang. Intinya jangan sering main betot gas. Etika berkendara juga perlu dicermati. Jangan sruntulan di jalan raya.”

Billy Riestianto, Editor in chief Otomotif
“Para bikers yang ikut dapat membuktikan dan merasakan manfaat Pertalite. Diklaim sebagai bahan bakar RON 90 yang dapat menempuh jarak lebih jauh. Sebagai patokan dan gimmick  dapat menggunakan data hasil konsumsi test ride  OTOMOTIF. Tes ini terhadap motor produksi masal yang dijual di Indonesia dalam kondisi berkendara normal sehari-hari.”

Sumber:

http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/21/070100315/ini.hasil.angka.uji.irit.pertalite.

Leave a Reply