Hongdae, Tempat Nongkrong Anak Gaul Di Seoul

SEOUL, KOMPAS.com – Muda-mudi dengan pakaian bergaya, dandanan ala idola K-Pop, dan kafe-kafe lucu untuk cuci mata dapat ditemui dengan mudah di jalan Hongdae, nama lokasi yang tak asing bagi yang ingin merasakan sensasi jadi anak gaul Seoul, Korea Selatan.

Hongdae sebenarnya adalah jalanan yang terletak di dekat Hongik Univeristy yang terkenal dengan jurusan seni dan arsitektur. Hongik University atau dalam bahasa korea disebut Hong Ik Dae Hag Gyo.

KompasTravel berkunjung ke jalan Hongdae, Senin (14/11/2016) setelah jadwal Halal Restaurant Week Fam Tour dari Korea Tourism Organization berakhir, sekitar pukul sembilan malam. 

(BACA: Jaring Wisatawan Korsel, Kemenpar Segera Tunjuk VITO di Seoul)

Gerai yang menjual pakaian dan kosmetik dengan gaya anak muda Korea Selatan menjamur di sini. Selain itu ada pula kafe-kafe berdekorasi lucu yang menarik untuk disinggahi. Pilihan lain adalah jajanan kaki lima yang memang cocok untuk bujet mahasiswa. 

Jalan Hongdae di Seoul, Korea Selatan.

“Hongdae ini universitas dengan jurusan seni yang terkenal di Seoul. Dekat dengan kantor agensi YG Entertaiment (agensi terkenal yang membawahi idola K-Pop). Jadi kalau malam, ada banyak mahasiswa yang ngamen sekaligus tunjuk kebolehan untuk menarik para pencari bakat,” kata Ayu Galuh, blogger sekaligus pemandu yang sering berkunjung ke Korea Selatan. 

Makin malam, jalan Hongdae semakin ramai. Uniknya beragam pemandangan ala anak muda akan terlihat di sini. Mulai dari romansa muda-mudi yang memadu kasih di tengah jalan, peramal jalanan yang ramai diserbu anak muda, sampai pemuda yang muntah karena mabuk sehabis minum alkohol, semua dapat dilihat di jalan Hongdae. Berkunjung ke jalan Hongdae serasa nostalgia masa muda yang penuh keceriaan. 

Untuk mengunjungi jalan Hongdae, Anda dapat menumpang kereta bawah tanah Seoul atau subway, berhenti di stasiun Hongik University, subway line dua keluar di jalur sembilan. Perlu dicatat Subway di Seoul hanya beroperasi sampai pukul 23.00. 

Sumber:

http://travel.kompas.com/read/2016/11/20/120800227/hongdae.tempat.nongkrong.anak.gaul.di.seoul.

Leave a Reply